-->
Tips Aman Siap Siaga Menghadapi Gempa Bumi

Tips Aman Siap Siaga Menghadapi Gempa Bumi

Indonesia merupakan negara yang berpotensi terjadi gempa bumi. Hal ini karena posisi Indonesia secara geografis berada di kawasan jalur gunung vulkanik serta tempat bertemunya lempeng tektonik. Kita mengenal gempa vulkanik dan gempa tektonik. Gempa vulkanik yaitu gempa yang disebabkan karena aktivitas gunung berapi. Gempa tektonik yaitu gempa yang disebabkan adanya bertemunya dua lempeng tektonik yang berbenturan. 

Nah, kita harus melakukan tindakan pencegahan maupun penyelamatan diri dari potensi bahaya yang ditimbulkan oleh gempa. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama pada saat sebelum gempa terjadi. Kedua, pada saat gempa terjadi. Ketiga, pada saat sesudah gempa bumi.

A. Pastikan struktur bangunan rumah memadai

Perhatikan baik-baik struktur rumah tempat kita tinggal. Hal ini agar pada saat terjadi gempa, rumah kita tidak terkena dampak gempa yang cukup serius. Apalagi di daerah yang rawan gempa, misalnya dekat dengan gunung berapi, dekat dengan daerah pantai dimana terjadinya pertemuan antara dua lempeng samudera, misalnya di Pantai selatan (Samudera Hindia). Hal ini berlaku juga dengan daerah yang dekat dengan jalur kereta api.

B. Pastikan kita paham tentang lingkungan dan bangunan tempat kita bekerja

Perhatikan jalur evakuasi pada kantor, sekolah, maupun tempat fasilitas umum lainnya. Biasanya ada jalur evakuasi ketika terjadi bencana. Perhatikan posisi lift dan tangga darurat yang ada di sekitar kita. Pelajari cara-cara penyelamatan dini ketika terjadi bencana dengan membaca di manapun, misalnya di media internet. Catat nomor penting dan darurat yang sewaktu waktu kita butuhkan pada saat bencana terjadi.

C. Perhatikan posisi perabotan, tata letak serta instalasi lainnya

Pastikan perabotan yang berat maupun bersifat pecah belah tidak dipasang atau diletakkan pada posisi yang mudah bergeser, bergerak, dan jatuh. Apabila perabotan mudah bergeser, bergerak, jatuh, dan pecah dapat menyebabkan benda rusak dan yang fatal adalah kejatuhan material. Kemudian, pastikan benda yang mudah terbakar tidak diletakkan sembarangan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Matikan air, gas, dan listrik apabila tidak digunakan.

D.Siapkan selalu kotak P3K dan alat keamanan siaga

Tentunya kita tidak mengharapkan bencana terjadi menimpa kita. Namun, bencana dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu, kita harus persiapkan peralatan yang diperlukan untuk pertolongan pertama terjadi bencana. Peralatan tersebut misalnya kotak P3K, senter atau lampu baterai, makanan suplemen, dan air.

Sekian tips dan informasinya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Hal yang terpenting adalah bahwa bencana bukanlah merupakan keinginan dan kehendak alam. Namun, bencana adalah kehendak dari Allah Swt. Bencana merupakan peringatan, ujian, dan tanda kebesaran Allah Swt. Tips yang paling penting adalah kapan pun dan dimana pun kita memasuki rumah, bangunan, tempat umum lainnya jangan lupa ucapkan Bismillah. Begitu pun ketika kita keluar rumah. Bismillah... :)


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments