-->
Ummi... Ummi.... Ummi....

Ummi... Ummi.... Ummi....


............Malam semakin larut, sang bulan pun indah tersenyum menghiasi malam. Lantunan suara jangkrik dan binatang malam mengiringi suasana sunyi sendu. Sesekali terdengar gonggongan anjing memecah keheningan malam. Nyamuk pun tak henti-hentinya bergurau denganku dengan menggigit. Ditemani secangkir susu hangat ku coba selesaikan dan kubabat habis tugasku. Dan juga sahabatku yang selalu menghibur dan membantuku , laptop. Suasana kamar pun berserakan kertas berubah menjadi berantakan tak tentu. Alhamdulillah walaupun tidak sempurna, kuselesaikan tugasku malam itu juga.............

Waktu menunjukkan pukul 01.00 WIB , ku tak langsung beranjak memejamkan mata.Iseng-iseng kulihat file-file di laptopku, karena tampak berantakan foldernya. Saat kulihat di folder tertentu(saya lupa namanya), kulihat ada file mp3 Haddad Alwi dan Sulis Album CInta Rasul. Wah, jadi teringat kembali lagu -lagu Haddad Alwi dan Sulis ketika ku masih duduk di bangku SD, pada waktu bulan puasa ku dapat kasetnya, pemberian hadiah dari kakakku.

Seketika itu ku langsung memutarnya, lagu yang kuputar pertama berjudul Ummi. Subkhanallah.... Irama lagunya membuatku merinding terharu, walaupun ku tak tahu apa arti liriknya, tapi ku yakin liriknya pasti menyentuh karena bagi saya yang tak tahu artinya pun bisa terbawa oleh lagu tersebut.
Ku ulangi lagu Ummi tersebut sampai berkali-kali, reaksi yang sama saya rasakan, malah semakin bertambah rasa rinduku pada emak di kampung halaman.

Penasaran, kemudian kucari terjemahannya di internet, wah ternyata benar, maknanya sangat dalam sekali. Berikut lirik dan makna lagu ini :

Ummi - Haddad Alwi dan Sulis

Ummi yaa lahnan a'syaqohu
(Ibu, lagu yang paling kugemari)

wanasyidan dauman ansyuduhu
(irama yang selalu kudendangkan)

Fikulli makanin adzkuruhu
(di mana sahaja, aku mengingatinya)

wa-azhollu azhollu uroddiduhu
(selalu dan selalu aku nyanyikan...)


Ummi yaa ruuhi wa-hayati
(Ibu, wahai jiwaku dan hidupku)

yaa bahjata nafsi wamunaati
(pemberi kebahagiaan dan harapan)

Unsi filhadhiri wal-ati... 2x
(sekarang, juga di masa hadapan...)


Allohu ta'aala aushoni
(Allah memerintahkan aku)

fissirri walau fil i'laani
(dalam ku sendiri atau terbuka)

Bilbirri laki wal-ihsaani... 2x
(supaya bersikap membahagiakan terhadapmu, dan mengasihimu...)


Ismuki manquusyun fi qolbi
(Namamu wahai ibu terpahat di hatiku)

Hubbuki yahdini fi darbi
(cintaku padamu membawaku ke jalan yang benar)

wadu'a-i yahfazhuki robbiy... 2x
(dan doaku selalu, semoga Allah sentiasa menjagamu...)


Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Walaupun lagu ini berjudul Ummi, bagi kita yang memanggil ibu kita dengan sebutan bunda,mama,ibu,emak,mamake, biyunge, dan sebagainya, bisa mengganti lirik ummi dengan panggilan sayang kita terhadap ibu seperti yang saya sebutkan di atas. hehee... becanda kawan.
Akhir kata, semoga tulisanku ini bermanfaat bagi yang pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada kesalahan kata, sesungguhnya kesalahan itu datang dari saya sendiri dan kebenaran itu pastilah datangnya dari Allah SWT.
Terima Kasih, plis komentarnya ya...

Oh iya,,, Bagi yang ingin mendownload file mp3 nya, klik di sini


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

5 comments

daning aku melu melu merinding yaa.. kangen ibune aku sung... hiks

Balas

Alhamdulillah Uzi...

Balas

assalamualaikum,,saya nk tanya dlm lagu ni knapa digunakan dhomir 'hu',,,contonhya 'azkuruhu',,mksd ingat ni kmbali kpd ibu atau apa ye?kalau bermaksud ibu kenapa tidak menggunakan dhomir 'ha'???

Balas

Saudari ameerahizzah, dhomir "hu" tu bkn ditujukan utk ibu, tapi yg dimaksudkan adalah lagu, cuba kamu perhatikan ada disebut "LAHNAN" kan pada baris yg pertama? :) Lahnan bermaksud irama/lagu. "HU" merujuk kepada "lahnan" ^^

Balas

Langsung ingat sama Emaak, kangeeen Emaaak :'(

Balas